-->

Perintah atau Command dalam Menggunakan Autocad

Perintah atau Command dalam Menggunakan Autocad

Penggunaan Autocad sangat penting dalam menggambar yang banyak digunakan oleh orang teknik yang membutuhkan gambar kerja. Software Autocad merupakan perangkat lunak komputer yang di kembangkan oleh Autodesk. Perintah pintas digunakan agar proses menggambar dilakukan dengan cepat. Berikut disusun perintah/command yang ada pada Autocad.

Fitur Pengalihan Umum

Ctrl+d
Pengalihan tampilan koordinat

Ctrl+g
Pengalihan Grid

Ctrl+e
Rencana siklus isometrik

Ctrl+f
Pengalihan objek terkunci yang berjalan

Ctrl+h
Pengalihan Pilihlah Style

Ctrl+Shift+h
Pengalihan Pallet tersembunyi

Ctrl+i
Pengalihan Coords

Ctrl+Shift+i
Pengalihan Indikasi masalah

Pengaturan Layar

Ctrl+0 (zero)
Membersihkan Layar

Ctrl+1
Properti Palette

Ctrl+2
Design Center Palette


Ctrl+3
Tool Palette

Ctrl+4
Sheet Set Palette

Ctrl+6
DBConnect Manager

Ctrl+7
Markup Set Manager Palette

Ctrl+8
Quick Calc

Ctrl+9
Command Line

Pengaturan Gambar

Ctrl+n
Drawing baru

Ctrl+s
Simpan gambar

Ctrl+o
membuka Gambar

Ctrl+p
Kotak dialog Plot

Ctrl+Tab
Pengalihan ke berikutnya

Ctrl+Shift+Tab
Pengalihan ke gambar sebelumnya

Ctrl+Page Up
Pengalihan ke tab sebelumnya dalam gambar saat

Ctrl+Page Down
Pengalihan ke tab berikutnya di gambar saat

Ctrl+q
Keluar

Ctrl+a
Memilih semua objek

Pengalihan Mode Gambar

F1
tampilan Bantuan

F3
Modus jepret objek Pengalihan

F4
Pengalihan 3DOsnap

F5
Pengalihan Isoplane

F6
Pengalihan Dinamis UCS

F7
Modus jaringan Pengalihan

F8
Modus Pengalihan ortho

F9
Modus sekejap Pengalihan

F10
Modus kutub Pengalihan

F11
Objek Pengalihan pelacakan sekejap

F12
Pengalihan mode input dinamis

Pengaturan Alur Kerja

Ctrl+c
Copy object

Ctrl+x
Cut object

Ctrl+v
Paste object

Ctrl+Shift+c
Copy to clipboard with base point

Ctrl+Shift+v
Paste data as block

Ctrl+z
Undo last action

Ctrl+y
Redo last action


Ctrl+[
Cancel current command (or ctrl+\)

ESC
Cancel current command

Shortcuts dari A–Z

A
ARC / Membuat busur.

AA
AREA / Menghitung luas dan keliling objek atau daerah yang ditetapkan.

ADC
ADCENTER / Mengatur dan memasukkan konten seperti blok, xrefs, dan pola menetas.

AL
ALIGN / Aligns objek dengan objek lain dalam 2D dan 3D

AP
APPLOAD / Beban Aplikasi

AR
ARRAY / Membuat beberapa salinan dari objek dalam pola.

ARM
ACTUSERMESSAGE / Menyisipkan pesan pengguna ke sebuah makro tindakan.

ARR
ACTRECORD / Memulai Recorder Action.

ARS
ACTSTOP / Menghentikan Recorder Action dan memberikan pilihan untuk menyimpan tindakan direkam ke suatu tindakan berkas makro.

ARU
ACTUSERINPUT / Jeda untuk input pengguna dalam makro tindakan.

ATE
ATTEDIT / Perubahan atribut informasi dalam blok.

ATI
ATTIPEDIT / Mengubah konten tekstual atribut dalam blok.

ATT
ATTDEF / mengubah blok dan update terkait atribut.

B
BLOCK / Menciptakan definisi blok dari objek yang dipilih.

BC
BCLOSE / Menutup Blok Editor.

BE
BEDIT / Membuka definisi blok di Blok Editor.

BH
HATCH / Mengisi daerah tertutup atau objek yang dipilih dengan pola menetas, mengisi padat, atau mengisi gradien.

BO
BOUNDARY / Menciptakan suatu daerah atau polyline dari daerah tertutup.

BR
BREAK / Breaks objek yang dipilih antara dua titik.

BS
BSAVE / Menyimpan definisi blok saat.

BVS
BVSTATE / Menciptakan, set, atau menghapus keadaan visibilitas di blok dinamis.

C
CIRCLE / Membuat lingkaran.

CAM
CAMERA / Set kamera dan target lokasi untuk membuat dan menyimpan perspektif 3D dari objek.

CBAR
CONSTRAINTBAR / A toolbar seperti elemen UI yang menampilkan kendala geometris yang tersedia pada objek.

CH
PROPERTIES / Kontrol sifat objek yang ada.


CHA
CHAMFER / bevels tepi objek.

CHK
CHECKSTANDARDS / Cek gambar saat untuk standar pelanggaran.

CLI
COMMANDLINE / Menampilkan jendela Command Line.

CO
COPY / Salinan objek jarak tertentu dalam arah tertentu.

COL
COLOR / Mengatur warna untuk objek baru.

CT
CTABLESTYLE / Mengatur nama gaya meja saat.

CUBE
NAVVCUBE / Kontrol visibilitas dan tampilan sifat alat ViewCube.

CYL
CYLINDER / Membuat silinder 3D solid.

D
DIMSTYLE / Membuat dan memodifikasi gaya dimensi.

DAN
DIMANGULAR / Menciptakan dimensi sudut.

DAR
DIMARC / Menciptakan dimensi panjang busur.

DBA
DIMBASELINE / Membuat linier, sudut, atau dimensi ordinat dari baseline dimensi sebelumnya atau dipilih.

DBC
DBCONNECT / Menyediakan antarmuka untuk tabel database eksternal.

DCE

DIMCENTER / Membuat tanda pusat atau centerlines lingkaran dan busur.

DCO
DIMCONTINUE / Membuat dimensi yang dimulai dari garis perpanjangan dimensi yang dibuat sebelumnya.

DCON
DIMCONSTRAINT / Berlaku kendala dimensi ke objek yang dipilih atau titik pada objek.

DDA
DIMDISASSOCIATE / Menghapus associativity dari dimensi yang dipilih.

DDI
DIMDIAMETER / Menciptakan dimensi diameter untuk lingkaran atau busur.

DED
Dimensi teks dan ekstensi garis DIMEDIT / Editan.

DI
DIST / Mengukur jarak dan sudut antara dua titik.

DIV
DIVIDE / Menciptakan merata spasi titik benda atau blok sepanjang atau perimeter dari sebuah objek.

DJL
DIMJOGLINE / Menambahkan atau menghapus garis jog pada linear atau dimensi selaras.

DJO
DIMJOGGED / Menciptakan berlari dimensi untuk lingkaran dan busur.

DL
DATALINK / Kotak dialog Data Link ditampilkan.

DLU
DATALINKUPDATE / Update atau dari link data eksternal didirikan.

DO
DONUT / Membuat lingkaran penuh atau cincin lebar.

DOR
DIMORDINATE / Menciptakan dimensi ordinat.

DOV
DIMOVERRIDE / Kontrol menimpa variabel sistem yang digunakan dalam dimensi yang dipilih.

DR
DRAWORDER / Mengubah urutan gambar gambar dan benda-benda lainnya.

DRA
DIMRADIUS / Menciptakan dimensi radius untuk lingkaran atau busur.

DRE
DIMREASSOCIATE / Associates atau re-rekan yang dipilih dimensi ke objek atau titik pada objek.

DRM
DRAWINGRECOVERY / Menampilkan daftar file gambar yang dapat dipulihkan setelah program atau sistem kegagalan.

DS
DSETTINGS / Set jaringan dan snap, polar dan objek snap tracking, mode object snap, Input Dinamis, dan Properti Cepat.

DT
TEXT / Membuat obyek teks single-line.

DV
DVIEW / Mendefinisikan paralel views proyeksi atau perspektif dengan menggunakan kamera dan sasaran.

DX
DATAEXTRACTION / Ekstrak menggambar data dan menggabungkan data dari sumber eksternal ke meja ekstraksi data atau file eksternal.

E
ERASE / Menghapus objek dari gambar.

ED
DDEDIT / Editan teks single-line, teks dimensi, definisi atribut, dan frame fitur kontrol.


EL
ELLIPSE / Menciptakan elips atau busur elips.

EPDF
EXPORTPDF / Ekspor gambar ke PDF.

ER
EXTERNAL REFERENCES / Membuka Referensi palet Eksternal.

EX
EXTEND / Memperpanjang objek untuk memenuhi tepi objek lain.

EXIT
QUIT / Keluar program.

EXP
EKSPOR / Menyimpan objek dalam sebuah gambar ke format file yang berbeda.

EXT
Extrude / Memperpanjang dimensi dari objek 2D atau 3D face ke ruang 3D.

F
FILLET / Rounds dan fillet tepi objek.

FI
FILTER / Membuat daftar persyaratan bahwa sebuah objek harus memenuhi untuk dimasukkan dalam satu set pilihan.

FS
FSMODE / Membuat satu set pilihan dari semua obyek yang menyentuh objek yang dipilih.

FSHOT
FLATSHOT / Membuat representasi 2D dari semua obyek 3D berdasarkan tampilan saat.

G
GROUP / menciptakan dan mengelola disimpan set objek yang disebut kelompok.

GCON
GEOCONSTRAINT / Berlaku atau tetap hubungan geometris antara obyek atau titik pada objek.

GD
GRADIENT / Mengisi daerah tertutup atau objek yang dipilih dengan mengisi gradien.

GEO
GEOGRAPHICLOCATION / Menentukan informasi lokasi geografis untuk file gambar.

H
HATCH / Mengisi daerah tertutup atau objek yang dipilih dengan pola menetas, mengisi padat, atau mengisi gradien.

HE
HATCHEDIT / Memodifikasi menetas ada atau mengisi.

HI
HIDE / Meregenerasi model gambar rangka 3D dengan garis-garis tersembunyi ditekan.

I
INSERT / Menyisipkan blok atau gambar ke dalam gambar saat ini.

IAD
IMAGEADJUST / Mengontrol tampilan gambar dari kecerahan, kontras, dan memudar nilai-nilai gambar.

IAT
IMAGEATTACH / Menyisipkan referensi ke sebuah file gambar.

ICL
IMAGECLIP / Tanaman tampilan gambar yang dipilih untuk batas tertentu.

ID
ID / Menampilkan UCS nilai koordinat dari lokasi yang ditentukan.

IM
IMAGE / Menampilkan Referensi palet Eksternal.

IMP
IMPORT / file Impor format yang berbeda ke dalam gambar saat ini.

IN
INTERSECT / Membuat 3D solid, permukaan, atau wilayah 2D dari tumpang tindih padat, permukaan, atau wilayah.

INF
INTERFERE / Membuat 3D sementara yang solid dari gangguan antara dua set padatan 3D yang dipilih.

IO
INSERTOBJ / Menyisipkan objek dihubungkan atau tertanam.

J
JOIN / Bergabung objek serupa untuk membentuk satu, objek tak terputus.

JOG
DIMJOGGED / Menciptakan berlari dimensi untuk lingkaran dan busur.

L
LINE / Menciptakan segmen garis lurus.

LA
LAYER / Mengatur lapisan dan sifat lapisan.

LAS
LAYERSTATE / Menghemat, mengembalikan, dan mengelola bernama negara lapisan.

LE
QLEADER / Menciptakan pemimpin dan pemimpin penjelasan.

LEN
LENGTHEN / Mengubah panjang benda dan sudut termasuk busur.


LESS
MESHSMOOTHLESS / Mengurangi tingkat kehalusan untuk jala objek dengan satu tingkat.

LI
LIST / Menampilkan data properti untuk objek yang dipilih.

LO
LAYOUT / Membuat dan memodifikasi gambar tab tata letak.

LT
LINETYPE / Beban, set, dan memodifikasi linetypes.

LTS
LTSCALE / Mengubah faktor skala linetypes untuk semua objek dalam sebuah gambar.

LW
LWEIGHT / Mengatur lineweight saat ini, opsi tampilan lineweight, dan unit lineweight.

M
MOVE / Moves objek jarak tertentu dalam arah tertentu.

MA
MATCHPROP / Berlaku properti dari objek yang dipilih ke objek lainnya.

MAT
MATERIALS / Acara atau menyembunyikan jendela Bahan.

ME
MEASURE / Bergabung objek serupa untuk membentuk satu, objek tak terputus.

MEA
MEASUREGEOM / Mengukur jarak, radius, sudut, luas, dan volume benda atau urutan poin yang dipilih.

MI
MIRROR / Membuat salinan cermin dari objek yang dipilih.

ML
MLINE / Membuat beberapa baris paralel.

MLA
MLEADERALIGN / Aligns dan ruang objek yang dipilih multileader.

MLC
MLEADERCOLLECT / Mengatur multileaders dipilih yang berisi blok ke baris atau kolom, dan menampilkan hasilnya dengan pemimpin tunggal.

MLD
MLEADER / Membuat obyek multileader.

MLE
MLEADEREDIT / Menambahkan garis pemimpin, atau menghilangkan garis pemimpin dari, objek multileader.

MLS
MLEADERSTYLE / Membuat dan memodifikasi gaya multileader.

MO
PROPERTIES / Kontrol sifat objek yang ada.

MORE
MESHSMOOTHMORE / Meningkatkan tingkat kehalusan untuk jala objek dengan satu tingkat.

MS
MSPACE / Switches dari ruang kertas ke viewport ruang model.

MSM
MARKUP / Membuka Markup Set Manager.

MT
MTEXT / Membuat obyek teks multiline.

MV
MVIEW / Menciptakan dan mengendalikan viewports tata letak.

NORTH
GEOGRAPHICLOCATION / Menentukan informasi lokasi geografis untuk file gambar.

NSHOT
NEWSHOT / Membuat bernama tampilan dengan gerakan yang dimainkan kembali bila dilihat dengan ShowMotion.

NVIEW
NEWVIEW / Membuat bernama tampilan tanpa gerak.

O
OFFSET / Membuat lingkaran konsentris, garis sejajar, dan kurva paralel.

OP
OPTIONS / Menyesuaikan pengaturan program.

ORBIT
3DORBIT / Memutar tampilan dalam ruang 3D, namun dibatasi untuk horisontal dan vertikal orbit saja.

OS
OSNAP / Set berjalan objek jepret mode.

P
PAN / Menambahkan parameter dengan grip untuk definisi blok dinamis.

PA
PASTESPEC / Menyisipkan objek dari Clipboard ke dalam gambar saat dan mengontrol format data.

PAR
PARAMETERS / Kontrol parameter asosiatif yang digunakan dalam gambar.

PARAM
BPARAMETER / Menambahkan parameter dengan grip untuk definisi blok dinamis.

PATCH
SURFPATCH / Membuat permukaan baru dengan memasang topi atas tepi permukaan yang membentuk loop tertutup.


PC
POINTCLOUD / Menyediakan pilihan untuk membuat dan melampirkan file cloud titik.

PCATTACH
POINTCLOUDATTACH / Menyisipkan file titik awan diindeks ke dalam gambar saat ini.

PCINDEX
POINTCLOUDINDEX / Menciptakan titik awan diindeks (PCG atau ISD) file dari file scan.

PE
PEDIT / polyline Suntingan dan jerat poligon 3D.

PL
PLINE / Membuat polyline 2D.

PO
POINT / Membuat obyek titik.

POFF
HIDEPALETTES / Jangat sedang ditampilkan palet (termasuk baris perintah).

POL
POLYGON / Menciptakan sama sisi ditutup polyline.

PON
SHOWPALETTES / Mengembalikan tampilan palet tersembunyi.

PR
PROPERTIES / Menampilkan Properti palet.

PRE
PREVIEW / Menampilkan gambar karena akan diplot.

PRINT
PLOT / Plot gambar ke plotter, printer, atau file.

PS
PSPACE / Switches dari viewport ruang model untuk ruang kertas.

PSOLID
/ Membuat polysolid dinding-seperti 3D.

PTW
PUBLISHTOWEB / Membuat halaman HTML yang berisi gambar gambar yang dipilih.

PU
PURGE / Menghapus item yang tidak digunakan, seperti blok definisi dan lapisan, dari gambar.

PYR
PYRAMID / Membuat piramida yang solid 3D.

QC
QUICKCALC / Membuka QuickCalc kalkulator.

QCUI
QUICKCUI / Menampilkan Customize User Interface Editor dalam keadaan runtuh.

QP
QUICKPROPERTIES / Menampilkan gambar terbuka dan layout dalam gambar di preview gambar.

QSAVE
QSAVE / Menyimpan gambar saat ini.

QVD
QVDRAWING / Menampilkan gambar terbuka dan layout dalam gambar menggunakan gambar preview.

QVDC
QVDRAWINGCLOSE / Menutup gambar preview gambar terbuka dan layout dalam sebuah gambar.

QVL
QVLAYOUT / Menampilkan melihat gambar dari ruang model dan layout dalam sebuah gambar.

QVLC
QVLAYOUTCLOSE / Menutup gambar preview ruang model dan layout dalam gambar saat ini.

R
REDRAW / refresh tampilan di viewport saat ini.

RA
REDRAWALL / refresh tampilan dalam semua viewports.

RC
RENDERCROP / Renders area persegi tertentu, yang disebut jendela tanaman, dalam viewport.

RE
REGEN / Meregenerasi seluruh gambar dari viewport saat ini.

REA
REGENALL / Meregenerasi gambar dan refresh semua viewports.

REC
RECTANG / Membuat polyline persegi panjang.

REG
REGION / Mengkonversi objek yang membungkus daerah menjadi objek daerah.

REN
RENAME / Mengubah nama ditugaskan untuk barang-barang seperti lapisan dan gaya dimensi.

REV
REVOLVE / Membuat permukaan padat atau 3D dengan menyapu objek 2D sekitar sebuah sumbu.


RO
ROTATE / Memutar benda di sekitar titik dasar.

RP
RENDERPRESETS / Menentukan membuat preset, parameter render dapat digunakan kembali, untuk rendering gambar.

RPR
RPREF / Menampilkan atau menyembunyikan Advanced Render Pengaturan palet untuk akses ke pengaturan render canggih.

RR
RENDER / Membuat gambar photorealistic atau realistis berbayang model padat atau permukaan 3D.

RW
RENDERWIN / Menampilkan jendela Render tanpa memulai operasi rendering.

S
STRETCH / Peregangan benda dilintasi jendela pilihan atau poligon.

SC
SCALE / memperbesar atau mengurangi objek yang dipilih, menjaga proporsi objek yang sama setelah scaling.

SCR
SCALESCRIPT / Menjalankan urutan perintah dari file script.

SEC
SECTION / Menggunakan persimpangan pesawat dan padatan, permukaan, atau mesh untuk membuat suatu daerah.

SET
SETVAR / Lists atau mengubah nilai-nilai variabel sistem.

SHA
SHADEMODE / Mulai perintah VSCURRENT.

SL
SLICE / Membuat padatan 3D baru dan permukaan dengan mengiris, atau membagi, objek yang sudah ada.

SN
SNAP / Membatasi gerakan kursor untuk selang waktu tertentu.

SO
SOLID / Membuat segitiga padat penuh dan segiempat.

SP
SPELL / Cek ejaan dalam sebuah gambar.

SPE
SPLINEDIT / Mengedit spline atau spline-fit polyline.

SPE
SPLINEDIT / Mengedit spline atau spline-fit polyline.

SPL
SPLINE / Membuat kurva mulus yang melewati atau dekat titik-titik tertentu.
SPLANE

SECTIONPLANE / Membuat obyek bagian yang bertindak sebagai pesawat memotong melalui objek 3D.

SPLAY
SEQUENCEPLAY / Dimainkan bernama views dalam satu kategori.

SPLIT
MESHSPLIT / Splits wajah jala menjadi dua wajah.

SSM
SHEETSET / Membuka Lembar Set Manager.

ST
STYLE / Membuat, memodifikasi, atau menentukan gaya teks.

STA
STANDARDS / Mengatur asosiasi file standar dengan gambar.

SU
SUBTRACT / Menggabungkan dipilih padatan 3D, permukaan, atau daerah 2D dengan pengurangan.

T
MTEXT / Membuat obyek teks multiline.

TA
TABLET / mengkalibrasi, mengkonfigurasi, dan menyala dan mati tablet digitalisasi terpasang.

TB
TABLE / Membuat obyek meja kosong.

TEDIT
TEXTEDIT / Mengedit kendala, dimensi, atau objek teks dimensi.

TH
THICKNESS / Set default properti ketebalan 3D saat membuat objek geometris 2D.

TI
TILEMODE / Mengontrol apakah ruang kertas dapat diakses.

TO

TOOLBAR / Menampilkan, menyembunyikan, dan mengkustomisasi toolbar.

TOL
TOLERANCE / Menciptakan toleransi geometris yang terkandung dalam bingkai kontrol fitur.

TOR
TORUS / Membuat 3D berbentuk donat padat.


TP
TOOLPALETTES / Membuka jendela Tool Palettes.

TR
TRIM / Trims objek untuk memenuhi tepi objek lain.

TS
TABLESTYLE / Membuat, memodifikasi, atau menentukan gaya meja.

UC
UCSMAN / Mengatur ditetapkan pengguna sistem koordinat.

UN
UNITS / Kontrol koordinat dan format tampilan sudut dan presisi.

UNHIDE / UNISOLATE
UNISOLATEOBJECTS / Menampilkan benda yang sebelumnya tersembunyi dengan ISOLATEOBJECTS atau perintah HIDEOBJECTS.

UNI
UNION / Serikat dua padat atau dua benda wilayah.

V
VIEW / Menyimpan dan mengembalikan nama tampilan, tampilan kamera, tampilan tata letak, dan pandangan yang telah ditetapkan.

VGO
VIEWGO / Mengembalikan tampilan bernama.

VP
DDVPOINT / Mengatur melihat arah 3D.

VPLAY
VIEWPLAY / Memutar animasi terkait untuk tampilan bernama.

VS
VSCURRENT / Mengatur gaya visual di viewport saat ini.

VSM
VISUALSTYLES / Membuat dan memodifikasi gaya visual dan menerapkan gaya visual untuk viewport.

W
WBLOCK / Menulis benda atau blok ke file gambar baru.

WE
WEDGE / Membuat wedge 3D solid.

WHEEL
NAVSWHEEL / Menampilkan roda yang berisi kumpulan alat tampilan navigasi.

X
EXPLODE / Breaks objek senyawa menjadi objek komponen.

XA
XATTACH / Menyisipkan file DWG sebagai referensi eksternal (xref).

XB
XBIND / Mengikat satu atau lebih definisi bernama objek dalam xref ke gambar saat.

XC
XCLIP / Tanaman tampilan referensi eksternal yang dipilih atau referensi blok ke batas yang ditentukan.

XL
XLINE / Membuat garis panjang tak terbatas.

XR
XREF / Mulai perintah EXTERNALREFERENCES.

Z
ZOOM / Menambah atau mengurangi perbesaran tampilan di viewport saat ini.

ZEBRA
ANALYSISZEBRA / Proyek garis-garis ke model 3D untuk menganalisis kelangsungan permukaan.

ZIP
ETRANSMIT / Membuat Self-Mengekstrak atau zip penularan Paket.

Share this:

Disqus Comments