-->

Rumah Ulu: rumah panggung arsitektur tradisional Sumatera Selatan

Rumah Ulu: rumah panggung arsitektur tradisional Sumatera Selatan

Rumah Ulu merupakan rumah panggung arsitektur tradisional Sumatera Selatan yang dibuat berdasarkan tata letak sungai dan alirannya, yang dikenal dengan sifat Kun Komering. Rumah Ulu banyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Bentuk Rumah Ulu terbilang sederhana, namun bila dicermati memiliki tata ruang dan teknik pembuatan yang unik.


Dikatakan unik dalam pembuatannya karena sama sekali dibuat tanpa menggunakan paku. Pada penataan ruangnya juga memiliki keunikan sendiri. Lantainya memiliki tiga undakan yang berfungsi sebagai pengatur hierarki tamu di dalam rumah.

Rumah Ulu yang tersebar di beberapa Kabupaten Ogan Komering Ulu memiliki bentuk yang hampir sama karena hampir sama hanya perbedaan pada perletakan pintu masuk utamanya, yang tergantung dari posisi rumah yang berbentuk panggung dan letak tanah yang ada pada lingkungannya.

Biasanya merupakan rumah milik yang memiliki marga/adukan atau keturunan pangeran; Rumah Ulu merupakan rumah warisan tradisional yang ada di daerah ulu (Komering) Sumatera Selatan berumur 100 s.d. 200 tahun yang lalu; Rumah Ulu dari segi bahan menggunakan kayu, bambu, rotan, ijuk serta bahan lain yang didapatkan dari hutan sekitarnya.

Rumah Ulu dari segi bentuk merupakan rumah panggung yang pada susunan ruangannya berupa ruang-ruangan terbuka, Rumah Ulu dari segi fungsi ruang dan aktivitas sosial yang dilakukan contoh kelompok gadis di ruang gedongan sedangkan kelompok bujang di ruang pemidangan tengah, Rumah ulu dari segi seni ragam hias atau motif-motif ukirannya yang beraneka ragam digunakan sebagai ungkapan rasa seni arsitektur dan sebagai perlambang atau mempunyai makna.

Share this:

Disqus Comments