-->

Belangun Orang Rimbo

Belangun Orang Rimbo

Melangun adalah nama yang biasa disebut oleh Orang Rimbo bila mereka sedang dalam kedukaan karena ada peristiwa kematian yang menimpa warganya dalam sebuah kelompok. Mereka berpindah tempat untuk menghapus rasa sedih yang mendera.


Orang Rimbo akan pergi berjalan berpindah lokasi ke kawasan hutan lainnya setelah kematian menimpa anggota keluarga dalam kelompok tersebut. Segala peralatan yang dimiliki akan dibawa serta dalam melaksanakan Melangun tersebut karena jarak yang harus ditempuh sangatlah jauh dan untuk kurun waktu yang lama.

Bahkan pada zaman dahulu melangun bisa berlangsung antara 10 sampai 12 tahun, akan tetapi sekarang karena wilayah rimba yang ditinggali oleh Orang Rimbo semakin sempit, maka masa melangun menjadi semakin singkat, terkadang hanya 4 samapi 1 tahun saja dan wilayah melangunnya pun tidaklah sejauh seperti dahulu. Bagi Orang Rimbo, meninggal dunia merupakan peristiwa yang menyedihkan terutama dirasakan oleh pihak keluarganya.

Agar rasa sedih hati tersebut cepat hilang maka mereka akan meninggalkan lokasi yang menjadi tempat tinggalnya. Tradisi ini sebelumnya diawali dengan ratapan (tangisan) yang dilakukan keluarga dihadapan mayat, menangis, meraung dan berharap agar mereka bisa berkumpul kembali.

Orang Rimbo sangat meyakini bahwa dengan melangun, berpindah tempat untuk waktu yang lama maka kesedihan hati akan dapat terobati. Sampai saat ini Orang Rimbo yang masih hidup dalam belantara rimba di kawasan Taman Nasiona Bukit Dua Belas tetap menjalankan budaya melangun.

Share this:

Disqus Comments