-->

Apa Cara Terbaik Back Up Data Komputer?

Apa Cara Terbaik Back Up Data Komputer?

Kehilangan data penting merupakan sebuah petaka bagi semua orang, dan ini bisa terjadi pada siapapun. Besok bisa saja Hard drive Anda rusak, diserang virus mematikan atau hal lain yang membuat data Anda hilang. Apa mau dikata jika kita tidak membackup data pada komputer secara rutin? Ikhlaskah kehilangan file-file penting itu?

Sebelum penyesalan terjadi, sebelum kegalauan dan frustasi mengacaukan pikiran karena kehilangan file penting, sangat perlu untuk melakukan back up data. Ada banyak cara, namun apa cara terbaik back up data pada komputer?

Ini Semua Demi Data-Data Penting Milik Anda

Ingat, pencegahan lebih baik dari pada menyesal kemudian. Mari kita mulai!

Benar, Anda dapat menginstal ulang sistem operasi dan mendownload ulang program jika hard drive Anda rusak, namun data pribadi Anda tidak tergantikan.

Semua file pribadi, foto, video, dan data lain di komputer Anda harus dicadangkan secara teratur. Sayang sekali jika Anda telah menghabiskan berjam-jam dengan susah payah harus diulang kembali. Namun jika sudah dibackup, maka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya lagi.

Banyak Cara Mencadangkan File Anda

Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk membackup data, mulai dari penggunaan harddisk eksternal hingga membuat cadangan file-file tersebut di Internet. Berikut cara-cara yang dapat ditempuh:

Backup ke Hardisk Eksternal: Jika Anda memiliki harddisk eksternal, Anda bisa langsung backup secara manual, atau menggunakan fitur backup bawaan komputer, lalu memindahkan ke harddisk. Pada Windows 10 dan 8, gunakan File History. Pada Windows 7, gunakan Windows Backup. Di Mac, gunakan Time Machine. Dengan fitur yang ada, Anda tidak perlu menunggu karena dapat secara otomatis melakukan backup data. Namun jika ada hal yang tidak diinginkan (seperti kebakaran, kemalingan, dll) sebelum sempat memindahkan ke harddisk eksternal, ya wasalam.


Back Up Lewat Internet: Lebih aman jika data Anda dibackup lewat internet. Banyak web yang memberikan layanan penyimpanan seperti, Backblaze, Carbonite dan MozyHome. Namun layanan ini tidak gratis, sehingga Anda harus mengeluarkan biaya. Hanya saja, data Anda dijamin aman.


Gunakan Layanan Cloud Storage: Anda dapat membackup data lewat layanan penyimpanan data seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, atau layanan penyimpanan serupa. Layanan ini gratis tanpa mengeluarkan biaya, tapi kekurangannya adalah adanya batasan kapasitas data.

Satu Backup Tidak Cukup: Gunakan Beberapa Metode

Seberapa penting data Anda, berarti sepenting itu pula kita harus melakukan backup. Jangan ambil resiko jika tidak sanggup menghadapi penyesalan. Cobalah backup data dengan beberapa metode yang dapat dilakukan. Semakin aman, hati pun akan menjadi tenang.

Demikian artikel ini semoga dapat membantu. Semoga data-data penting milik Anda tetap aman. Tidak lucu jika jerih payah Anda berujung pada penyesalan.

Share this:

Disqus Comments