-->

Raja Ampat: Surga Terakhir Di Bumi

Raja Ampat: Surga Terakhir Di Bumi

Bagimu yang mencari ketenangan batin, menghindar jauh dari gedung pencakar langit yang menghalangi pandangan dengan payung awan hitam asap industri, menyingkir dari lalu lintas padat, kerlap-kerlip papan reklame, suara bising kendaraan yang menjengkelkan tak ada habisnya, polusi, dan semua keriuhan di kota-kota modern, Anda akan menemukan surga yang jatuh di Papua Barat dengan bonus orang-orang ramah yang hangat menyambut Anda dengan semua keajaiban luar biasa di Raja Ampat.

Keindahan spektakuler ada di atas dan di luar perairannya, juga di darat dan di tengah hutan lebat, inilah tempat dimana kata-katamu akan lenyap dalam ketakjuban. Surga yang mempesona, megah, dan membuatmu merasa beruntung telah dilahirkan.

Raja Ampat terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di Papua, Pulau paling timur di Indonesia, Raja Ampat adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, dan kawanan di sekitar empat pulau utama Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari sebuah legenda di mana seorang wanita menemukan tujuh butir telur, dengan empat di antaranya menetas dan menjadi raja empat pulau utama, sementara tiga lainnya menjadi seorang wanita, hantu, dan batu.

Penggemar wisata bawah air, akan ditawarkan beberapa pengalaman terakhir di dunia yang bisa membuatmu berdeca kagum. Wilayah di dalam pulau-pulau di Raja Ampat sangat besar, meliputi 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Ini menjadikannya perpustakaan hidup paling beragam untuk terumbu karang dunia dan biota bawah laut.

Menurut sebuah laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy and Conservation International, sekitar 75% spesies dunia tinggal di sini! Jumlah dan keragaman hayati laut Raja Ampat dan sistem terumbu karangnya yang luar biasa besar adalah mimpi scuba yang menjadi kenyataan - dan situs yang fantastis untuk para perenang snorkel.

Saat Anda memulai menyelam di sini, akan ada pengalaman baru saat kuda laut berenang mengelilingi jari Anda. Manta Rays dan wobbegong akan meluncur tepat di samping Anda. Sekolah ikan tuna, trevallies raksasa, snappers, batfish, dan bahkan barracudas ada untuk melengkapi "daftar pertemuan" bawah air Anda. Belum lagi asisten ramah dugong, dan rekan yang sibuk, kura-kura. Turun di dasar laut, kerang laut raksasa yang berukuran lebih dari satu meter benar-benar menawarkan sensasi yang terasa dekat.

Tentunya, ada banyak tempat menyelam dan snorkeling untuk dipilih di perairan yang luas ini. Di antaranya adalah di Kabui Passage (bagian yang sangat sempit antara Waigeo dan Pulau Gam yang dilintasi oleh penjelajah Inggris terkenal, Alfred Russell Wallace pada tahun 1860), di sekitar dermaga Pulau Arborek, Sawandarek, Yenbuba, Tembok Friwen, dan banyak lagi.

Sementara kemegahan bawah lautnya luar biasa, pemandangan di atas permukaan sama menakjubkannya. Seolah-olah dirancang dengan hati-hati dan ditempatkan dengan estetika seperti itu, pulau-pulau batu di tengah air biru jernih dan langit biru cerah di Piaynemo menawarkan beberapa pemandangan paling spektakuler di muka bumi. Melihat ke bawah dari puncak bukit, hampir seolah-olah Ibu Alam melukis karya seni terbaiknya dan menawarkan pemandangan sekilas surga. Selanjutnya di Pulau Wayag, Anda juga akan menemukan formasi pulau karang yang menakjubkan dalam skala yang lebih besar lagi.


Satwa liar Raja Ampat yang luar biasa tidak berhenti di bawah air. Di tengah banyaknya hutan lebat di kepulauan, orang masih bisa menemukan berbagai jenis burung termasuk Cendrawasih yang spektakuler atau burung surga. Ada juga spesies kuskus endemik, kuskus Waigeou atau Waigeou melihat kuskus (Spilocuscus papuensis) yang merupakan spesies marsupial di keluarga Phalangeridae.


Selain atraksi alamnya yang tak ada habisnya, Raja Ampat juga menawarkan keramahan khas orang Papua. Di Desa Wisata Arborek, Anda bisa tinggal di sejumlah homestays dan berbaur dengan penduduk setempat sambil mengamati kehidupan sehari-hari dan tradisi unik mereka. Ketika sekelompok wisatawan tiba, mereka biasanya melakukan tarian selamat datang tradisional di dermaga dan menghibur 'tamu' dengan berbagai lagu rakyat Papua.

Dengan keajaiban spektakulernya di pedalaman, di pantai, dan di luar perairan, dan suasana tenang yang jarang Anda temukan di tempat lain di bumi, Raja Ampat benar-benar menawarkan pengalaman terbaik yang hanya bisa diimpikan.

Rute ke Raja Ampat:

Untuk sampai ke Raja Ampat Anda harus terlebih dahulu mengambil penerbangan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong. Ada pesawat kecil untuk membawa Anda ke Waisai, ibu kota distrik Raja Ampat, atau Anda bisa naik feri dari pelabuhan Sorong ke pulau-pulau.

Bandara Marinda di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat melayani penerbangan ke dan dari kota Sorong. Wings Air melayani penerbangan harian antara Sorong dan Raja Ampat, sedangkan penerbangan Susi Air dua kali seminggu pada hari Senin dan Sabtu. Harap diperhatikan bahwa Bandara Marinda masih dalam pengembangan dan perluasan dan berada relatif jauh dari fasilitas manapun. Jadi, pastikan untuk mengemasi beberapa makanan ringan dan minuman saat Anda menunggu penerbangan kembali ke Sorong.

Sebagai alternatif, ada feri yang tersedia untuk Anda dari Sorong dan Waisai dan sebaliknya. Perjalanan feri akan memakan waktu sekitar 2 sampai tiga jam.

Sebagai jalur perhubungan utama ke Raja Ampat, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong melayani penerbangan ke sejumlah kota besar di Papua dan Indonesia termasuk Manokwari, Jayapura, Ambon, Makassar, Manado, dan Jakarta.

Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan harian antara Jakarta-Sorong. Seperti halnya Sriwijaya Air dan Nam Air, dimana Batik Air terbang dua kali sehari antara Jakarta dan Sorong.

Jadi, apakah Anda seorang penyelam, penyelam snorkling, atau hanya seseorang yang menghargai keindahan dalam segala hal, Raja Ampat menyambut Anda ke Surga di Bumi.

Share this:

Disqus Comments